4 Mitos Diet yang Wajib Kamu Lupakan

Diet / August 6, 2019 / Panduan Diet

Banyak mitos diet yang beredar yang bisa saja menjerumuskan kamu pada kegagalan berdiet. Mitos-mitos ini biasanya didapat dari sumber yang belum diyakini kebenarannya dan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

 

Berikut ini mitos-mitos yang menyesatkan seputar diet berikut suguhan fakta yang bisa menambah pengetahuanmu saat berdiet.

1. Mitos Diet yang Umum, Hindari Kopi

Ini adalah mitos. Kopi, ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang (2 sampai 3 cangkir sehari), adalah bagian aman dari program diet yang sehat dan memberikan kontribusi fitokimia antioksidan.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, batu empedu, penyakit Parkinson, bahkan beberapa jenis kanker. Hindari taburan seperti krim, gula, dan sirup rasa dalam kopi.

2. Lemak Tidak Baik untuk Diet

Tubuh kamu memerlukan tiga nutrisi untuk berkembang: protein, karbohidrat, dan lemak. Ya, lemak! Lemak yang baik untuk kamu itu bisa ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, alpukat, zaitun, dan susu rendah lemak yang memberi tubuh kamu energi, membantu membangun kembali sel, dan menghasilkan hormon yang dibutuhkan.

Lemak yang harus dibatasi atau dihindari adalah lemak jenuh dan lemak trans, yang ditemukan dalam makanan seperti mentega, susu tinggi lemak, daging merah, dan makanan olahan lainnya.

3. Banyak Minum Air Bisa Turunkan Berat Badan

Air diketahui memang sangat baik untuk tubuh kamu. Tetapi, air dijadikan asupan utama untuk menurunkan berat badan? Tentu saja tidak bisa. Jika meminum air bisa membuat kamu jauh dari minuman tinggi kalori, sudah pasti bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Tetapi, menambahkan lebih banyak air untuk program diet kamu, tanpa mengubah gaya hidup atau diet apa pun, ini tidak akan bisa membuat perbedaan dalam menurunkan angka di timbangan.

4. Ingin Kurus Kurangi Makan

Mitos yang beredar adalah, kalau ingin kurus kurangi makan. Padahal semakin mengurangi makan, diet kamu akan semakin sulit untuk dikendalikan. Dan hasilnya, kamu akan gagal mengontrol diet. Jika ingin berhasil, makanlah 5-6 kali sehari dalam porsi kecil dan sehat.

Masih percaya dengan mitos diet yang menyesatkan?