Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Selama Liburan Lebaran

Diet / May 31, 2019 / Panduan Diet

Libur Lebaran hampir tiba. Namun, momen liburan merupakan tantangan dalam menjaga berat badan tetap ideal. Berikut ini dua kewajiban yang harus dilakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal selama libur Lebaran.

Ketika Lebaran tiba, kamu pasti akan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat untuk bersilaturahmi. Pada saat tersebut, kamu pastinya akan menjumpai berbagai makanan yang tersedia dan menggugah selera. Sungguh sayang apabila hidangan tersebut dilewatkan.

Namun, makanan-makanan yang tersimpan akan dapat menyebabkan timbunan lemak berlebih. Jika terus-menerus dilakukan, bukan tidak mungkin berat badanmu akan bertambah. Lalu bagaimana solusinya?

1. Tetap Aktif

Agar tidak terjadi penumpukan lemak berlebih, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan tetap melakukan olahraga. Olahraga atau latihan tidak harus ke gym, dan itu akan sangat sulit dilakukan pada kondisi liburan.

Melakukan latihan selama liburan merupakan tantangan bagi beberapa orang. Namun, latihan atau tetap aktif sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh kamu tetap aktif. Bila perlu, jadwalkan latihanmu mulai dari sekarang.

Langkah alternatif yang dapat dilakukan adalah melakukan latihan kardio ringan seperti jogging, jalan kaki, jalan cepat, atau lari. Kegiatan ini dapat dilakukan di sekitar rumah. Latihan kardio lainnya adalah bersepeda atau berenang. Selain latihan kardio, kamu juga dapat melakukan latihan ringan lain seperti push up, squat, crunch, lunge, atau dengan menggunakan dumbbell (jika tersedia).

2. Bijak Menyantap Makanan saat Libur Lebaran

Ketika Lebaran, pasti akan banyak makanan lezat yang menggugah selera. Namun, makanan yang tersaji tidak jarang menganduk lemak yang tinggi, bersantan, dan gorengan. Jika mengonsumsinya terlalu berlebih dan tidak diimbangi dengan olahraga, maka bisa berdampak pada kenaikan berat badan karena mengandung tinggi kalori.

Cara tepatnya adalah lebih cermat dalam memilih makanan. Sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak, bersantan, atau yang digoreng. Misalnya, pilihlah makanan yang direbus atau dipanggang.

Latihan dan menjaga pola makan yang sehat adalah langkah tepat untuk menjaga berat badan kamu agar tetap ideal selama libur Lebaran. Semoga bermanfaat.