Tak Ingin Diet Ngawur, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

Diet / July 5, 2019 / Panduan Diet

Diet sering diartikan sebagai menurunkan berat badan, pada kenyataannya diet adalah pengaturan menu makan. Meskipun begitu, masih banyak yang menerapkan diet ngawur.

Tidak ingin seperti itu bukan?

Berbicara tentang diet dan menurunkan berat badan adalah tentang kesabaran dan kecerdasan. Jika kamu memiliki kesabaran yang dipadu dengan kecerdasan, maka proses diet bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan dengan hasil maksimal.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dietmania terkait bagaimana diet itu membutuhkan kecerdasan, yaitu cerdas dalam memahami diet yang benar dan meninggalkan anggapan-anggapan miring yang justru membuat dietmu berantakan.

Berikut 5 tip cerdas yang bisa membawa kamu pada keberhasilan diet untuk menurunkan berat badan dan terhindar dari diet ngawur.

Tubuh Masih Butuh Karbohidrat

Diet bukan berarti harus menghentikan asupan karbohidrat sama sekali. Bagaimana pun juga, karabohidrat masih diperlukan tubuh untuk meningkatkan proses metabolisme.

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi saat latihan dan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh. Ketika sel-sel otot terhidrasi maka peluang untuk berkembang akan lebih besar dan usahamu untuk menyingkirkan lemak akan lebih mudah.

Hindari Pangkas Lemak Secara Ekstrim, Itu Termasuk Diet Ngawur

Sama dengan karbohidrat, memotong lemak secara besar-besaran juga tidak dianjurkan saat diet. Asam lemak harus tetap tersedia dalam tubuh untuk memproduksi kolesterol yang pada akhirnya akan dikonversi menjadi testosteron.

Jika asupan lemak terlalu rendah, maka tidak akan ada asam lemak yang tersedia untuk produksi testosteron yang optimal. Seperti kita ketahui bahwa testosteron berperan penting dalam meningkatkan massa otot. Semakin banyak otot maka semakin tinggi pembakaran lemak tubuh.

Makanlah Setelah Latihan

Banyak yang beranggapan bahwa makan setelah latihan bisa membuat gemuk, karena sudah capek-capek olahraga dan membakar lemak kok dikasih makanan, latihannya percuma donk?

Padahal menurut beberapa penelitian, 15 menit pertama setelah latihan tubuh akan menyerap nutrisi dan membakar lemak secara optimal.

Nah, yang perlu kamu perhatikan adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Tentunya makanan tersebut harus mengandung karbohidrat dan protein cepat serap, seperti pisang dan protein shakes.

Dan sebaiknya kamu tidak mengonsumsi lemak pada saat ini, karena tubuh menyerap lemak dengan lambat.

Hindari Berolahraga Mepet dengan Jadwal Tidur

Banyak pula yang beranggapan bahwa tidur setelah olahraga memiliki dampak yang baik karena tubuh bisa beristirahat maksimal setelah capek latihan.

Kenyataannya tidak seperti itu. Sesaat setelah kamu latihan kemudian pergi tidur, maka tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Padahal 15 menit pertama adalah waktu krusial untuk mengisi kembali tubuh kamu dengan nutrisi penting seperti karbohidrat dan protein cepat serap.

Jika kamu langsung tidur usai latihan, bisa jadi tubuh akan mengambil nutrisi tersebut dari bagian tubuh yang lain yaitu otot. Sehingga yang terjadi adalah penyusutan otot atau katabolisme otot.

Selain itu, kalau jadwal latihan terlalu mepet dengan jadwal tidur, maka kamu akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang benar-benar berkualitas.

Jadikan Diet Bagian Dari Hidup

Ada sebuah ungkapan yang berbunyi “The inn is not as comforting as the journey”.

Ya, saat melewati perjalanan jauh, tentu kita berpikir perlunya istirahat dan sejenak menyegarkan diri. Begitu pula dengan diet.

Pada awalnya kamu akan merasa tertantang. Namun di tengah jalan terkadang kamu akan merasa jenuh, dan mulai tidak bersemangat lagi menjalankan diet.

Jika ini yang terjadi maka yang kamu butuhkan adalah motivasi untuk membakar kembali semangatmu. Lihatlah bagaimana orang-orang di sekitar yang bisa menikmati gaya hidup sehat melalui berdiet.

Jangan hanya berpikir bahwa kamu harus kurus atau langsing, tapi pikirkan bagaimana diet yang kamu lakukan benar-benar bisa meningkatkan kesehatan. Itu akan bisa hindarkan kamu dari diet ngawur dan lebih baik lagi. Semangat.