Ingin Kurus dalam 1 Minggu? Perhatikan Ini Dulu Sebelum Mulai

Diet / February 22, 2019 / Panduan Diet

Kurus dalam 1 minggu? Apakah ini mungkin terjadi? Yang pasti, berat badan turun hanya dalam waktu seminggu memang bisa dilakukan. Tapi, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Pernahkah kamu melihat iklan atau promosi di media, seperti ‘cara paling mudah, dijamin berat badan Anda turun 5 kilogram dalam seminggu’, atau ‘kurus dalam 1 minggu hingga 10 kilogram’

Kelihatannya cukup mudah bukan?

Akan tetapi, penurunan berat badan yang terlalu banyak hanya dalam waktu singkat, rasanya tidak masuk akal.

Bahkan sangat tidak mungkin untuk diwujudkan.

Bagi banyak pelaku diet, seperti kamu juga (mungkin), apakah kamu juga ingin tahu berapa kilogram sih bisa kurus dalam 1 minggu? Kurus dalam arti berat badan bisa berkurang.

Sebenarnya, tidak ada patokan yang pas. Ada beberapa faktor yang bisa menentukan, termasuk juga berat badan itu sendiri.

Beberapa praktisi mengatakan bahwa berat badan turun sebanyak 1 persen dari berat badan per minggu sudah dianggap cepat dan masuk akal.

Akan tetapi, hasil yang cepat juga dapat berdampak buruk pada muscle atau otot.

Bila berat badan turun terlalu cepat, bisa jadi maka tubuh kamu juga berpotensi kehilangan massa otot.

Itulah kenapa para ahli menyarankan untuk memangkas berat badan secara bertahap.

Lalu bagaimana cara agar cepat kurus dalam 1 minggu secara alami,  sekaligus mempertahankan massa otot?

1. Starting Point

Semakin banyak berat badan yang kamu miliki, maka semakin besar persentase penurunan berat badan yang berasal dari lemak.

Katakanlah bila kamu memiliki berat badan 300 pound, goalnya adalah kehilangan lemak satu persen dalam seminggu. Berarti dalam seminggu goalnya adalah kehilangan tiga pound berat badan.

Bila kamu ingin berat badan turun hingga 10 pound dalam satu minggu, maka kamu akan kesulitan untuk mempertahankan massa otot.

2. Harus Latihan Jika Ingin Kurus dalam 1 Minggu

Sudah banyak sekali artikel yang menyebutkan bahwa latihan adalah cara tepat untuk membantu turunkan berat badan. Baik itu latihan kardio maupun latihan beban.

Juga, latihan resistensi atau angkat beban adalah kunci untuk menjaga massa otot sambil membakar lemak. Kamu bisa mulai dengan latihan beban 1 minggu 2-3 kali.

Latihan kardio bisa dilakukan dengan menggunakan metode high intensity interval training (HIIT), yang mana latihan ini cocok sekali untuk kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk olahraga.

3. Asupan Protein

Protein membantu menyediakan asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk membuat otot. Defisit protein akan membuat tubuh kamu kehilangan banyak massa otot.

Para praktisi menyarankan untuk konsumsi protein sekitar 0-8 – 1 gram protein setiap pon berat badan untuk mempertahankan massa otot.

4. Waktu Tidur

Sudah latihan, sudah diet, tapi berat badan kok susah turun ya? Apalagi rasanya otot belum juga kebentuk!

Pernahkah kamu memiliki atau mendapati pertanyaan seperti ini?

Mungkin kamu lupa dengan jadwal tidur. Ya, pada saat tidur, produksi hormon pertumbuhan sedang mencapai puncaknya. Dan ini sangat berperan penting dalam pembentukan otot.

Yang pada akhirnya, juga dapat membantu membakar lemak tubuh serta menjaga metabolisme tubuh.

Nah, kalau kamu ingin kurus dalam 1 minggu, irekomendasikan adalah tidur sebanyak 7-9 jam setiap malamnya.

5. Pilih Diet yang Tepat

Masing-masing tubuh memiliki ciri khas sendiri. Karena itu, diet A yang cocok dengan si B, belum tentu cocok ketika kamu aplikasikan pada tubuh kamu.

Bila kamu sebelumnya suka makan makanan yang berlemak tinggi, maka kamu mungkin cocok dengan diet keto.

Walaupun begitu, bukan berarti bagi kamu yang suka karbohidrat tidak cocok dengan keto. Sesuaikan dengan tubuh kamu untuk pemilihan jenis diet ini.

6. Kurangi Kalori Secara Perlahan

Pada dasarnya, cukup rumit untuk memperkirakan dengan benar berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh, supaya berat badan bisa turun dalam satu minggu.

Namun, yang direkomendasikan adalah defisit sebanyak 500 kalori per hari saat memulai. Hindari pengurangan yang terlalu frontal (terlalu banyak).

Dan ini (defisit kalori) akan semakin sedikit apabila tubuh kamu sudah lean dan hanya sekadar ingin menjaga massa otot (lean).

Sudah siap kan untuk kurus dalam 1 minggu?