Cara Menurunkan Berat Badan dengan Buah Alpukat

Nutrition / March 22, 2019 / Panduan Diet

Buah alpukat diyakini banyak pelaku diet dapat membantu program mereka. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan dengan buah alpukat?

Alpukat adalah salah satu buah yang unik dan lezat. Kebanyakan buah, rasanya sangat manis dan mengandung gula lebih banyak. Berbeda dengan alpukat. Buah ini rasanya sedikit nutty dan lebih banyak kandungan lemak.

Tentu saja, kita berbicara mengenai kandungan lemak yang baik seperti asam lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acids. Yang mana lemak jenis ini dikenal dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta anti-inflamasi (peradangan).

Buah alpukat memang menjadi salah satu buah pilihan bagi mereka yang menjaga gaya hidup sehat karena mengandung 20 jenis vitamin dan mineral serta serat. Buah ini dikemas dengan nutrisi yang sangat banyak serta menawarkan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini lima manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi buah alpukat selain sebagai cara menurunkan berat badan.

Mulai Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan Hingga Meningkatkan Kesehatan Tubuh

 

Setengah dari buah alpukat ukuran sedang kurang lebih mengandung sekitar 125 kalori. Ini (jumlah kalori) akan berbeda-beda tergantung ukuran dan varietasnya, namun pada umumnya kandungan nutrisi buah ini sangat tinggi.

1. Cara Menurunkan Berat Badan Alami

Pastinya, ini adalah buah yang sangat baik bagi kamu yang sedang dalam program turunkan berat badan.

Selain berperan banyak dalam menjaga kesehatan tubuh, buah alpukat juga dapat membuatmu merasa lebih kenyang dengan kandungan seratnya. Nutrisi ini akan dapat membantu mengatur gula darah tubuhmu, memperlambat pencernaan (yang membuatmu merasa kenyang lebih lama), dan tentu saja bisa membantu menurunkan berat badan.

Ketika kamu merasa kenyang lebih lama, maka akan membantu menghindarkan dari kegiatan ngemil yang lepas kendali atau makan secara berlebihan.

Menurut rekomendasi dari American Heart Association, kamu sebaiknya mengonsumsi serat sebanyak 25-30 gram per hari untuk mendapatkan manfaat maksimal. Dan jumlah tersebut bisa kamu dapat juga melalui buah alpukat.

2. Selain Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Juga Dapat Sebagai Anti-Inflamasi

Meskipun buah ini mengandung lemak cukup tinggi, namun ini adalah jenis lemak yang baik untuk kamu konsumsi. Setengah ukuran buah alpukat bisa mengandung 6.7 gram asam lemak tak jenuh tunggal.

Dalam Journal American Hearth Association tahun 2015 dikatakan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuhmu. Bukan hanya itu, lemak jenis ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskuler (jantung) serta berperan dalam menjaga kesehatan tubuh mu seiring bertambahnya usia.

3. Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Dalam buah alpukat juga mengandung potassium atau kalium. Yang lebih menakjubkan adalah kalium dalam alpukat lebih banyak daripada pisang.

Mengapa kalium penting? Karena kalium dapat membantu mengurangi tekanan darah serta berperan penting dalam electric gradien dalam otot dan sel tubuh kamu yang pada akhirnya dapat mendukung untuk mengontraksi otot.

Sebagai individu yang aktif, buah alpukat sangat-sangat dapat membantu meningkatkan kinerja kamu.

4. Vitamin dan Mineral untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

Hanya setengah buah alpukat ukuran sedang sudah menyediakan cukup banyak nutrisi penting. Berikut adalah beberapa diantaranya:
• Kalium (345mg)
• Sodium (5.5mg)
• Magnesium (19.5mg)
• Vitamin A (43ug)
• Vitamin C (6mg)
• Vitamin E (1.3mg)
• Vitamin K1 (14ug)
• Folat (60mg)
• Vitamin B-6 (0.2mg)
• Niacin (1.3mg)
• Asam Pantotenat (1mg)
• Riboflavin (0.1mg)
• Kolin (10mg)
• Lutein & Zeaxanthin (185ug)
• Fitosterol (57mg)

Semua vitamin, mineral, dan fitonutrien ini sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh, serta membantumu untuk terhindar dari penyakit.

5. Meningkatkan Penyerapan Gizi dalam Tubuh Sehingga Membuat Tubuhmu Lebih Berenergi

Ada beberapa nutrisi yang larut dalam lemak. Ini artinya nutrisi tersebut membutuhkan lemak untuk diserap dan dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh. Vitamin A, E, D, K, dan anti-oksidan tertentu termasuk dalam kategori ini.

Vitamin-vitamin tersebut penting untuk menunjang kesehatan mata, kulit, kekuatan tulang, kemampuan untuk percepat recovery, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan produksi energi.

Mengonsumsi alpukat dengan dikombinasikan makanan nabati lainnya yang kaya akan nutrisi ini dapat membantu tubuhmu untuk tetap berenergi. Dan pastinya ini akan sangat penting untuk menjaga performa aktivitas , termasuk olahraga rutin.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Lewat Pemilihan Alpukat yang Tepat

 

Perlu diperhatikan, buah alpukat bukan jenis buah yang harus dibeli secara organik karena kulitnya yang tebal dan bersisik sudah membuat daging alpukat terlindung dari bahan kimia.

Untuk mengonsumsi alpukat pada hari ini, sebaiknya pilih buah alpukt yang memiliki tekstur lembut. Tapi jangan yang terlalu lembut karena bisa jadi sudah berbau atau tidak baik lagi untuk dikonsumsi. Yang terbaik adalah pilih yang sedikit empuk tapi dagingnya tetap padat.

Jika kamu memiliki buah alpukat yang belum terlalu matang, maka tunggulah selama 3-4 hari lagi hingga kontur luar buah alpukat seperti yang sudah disebutkan di atas.

Cara Mengonsumsi Buah Alpukat

Menambahkan buah alpukat pada menu diet apapun tentu akan sangat baik karena memang sudah terbukti akan kandungan nutrisinya. Kamu bisa menambahkan buah alpukat pada saat sarapan, makan siang, makan malam, camilan, atau sebagai makanan penutup (dessert).

– Sarapan: Tambahkan buah alpukat (oleskan) di atas roti bakar dan bisa disajikan dengan telur.
– Makan Siang: Sajikan salad favorit dengan beberapa irisan buah alpukat.
– Makanan Ringan: Bisa ngemil pada saat waktu senggang.
– Makan Malam: Bisa dibuat semacam guacamole. Guacamole adalah makanan tradisional ala Meksiko dari bahan dasar alpukat, ditambahkan dengan lemon dan garam.
– Dessert: Campurkan (blend) buah alpukat dengan puding cokelat hitam.

Cara Menurunkan Berat Badan Tidak Cukup dengan Alpukat Saja, Tapi…

 

Tentu saja, rutin mengonsumsi buah alpukat secukupnya akan membantu memperlancar program penurunan berat badan yang kamu lakukan. Tapi apakah sudah cukup hanya dengan itu?

TIDAK.

Jika bisa hanya dengan konsumsi buah alpukat, maka akan banyak orang yang melakukannya tanpa harus bersusah payah mengatur menu diet setiap hari dan juga olahraga.

Yang paling utama dan HARUS dilakukan adalah kombinasikan konsumsi buah alpukat dengan menu diet sehat serta olahraga yang rutin. Dengan cara seperti ini, bukan tidak mungkin impianmu untuk dapatkan berat badan yang langsing dan ideal akan segera terwujud.

Pada dasarnya, cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami kuncinya ada pada menu diet (pengaturan pola makan), olahraga yang rutin, dan istirahat yang cukup. Ketiga aspek tersebut adalah cara yang paling efektif untuk memperlancar program penurunan berat badan.

Apabila kamu sudah rutin mengonsumsi buah alpukat secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan, maka itu adalah satu langkah lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali.

Kalau kamu, pilih mengonsumsi buah alpukat seperti apa sebagai cara menurunkan berat badan? Kami akan sangat senang mendengarnya jika kamu menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.