Apa Sih Makanan Malam Hari untuk Diet yang Paling Pas?

Nutrition / April 8, 2019 / Panduan Diet

Apa sih makanan malam hari untuk diet yang benar-benar ‘aman’ saat program diet? Apakah snack malam hari aman untuk berat badan?

Apakah kamu pernah mengalami pada waktu tengah malam saat sedang asyik menonton TV atau DVD, mengerjakan tugas, atau sedang browsing di internet, tiba-tiba perutmu keroncongan?

Kamu tentu akan mencari makanan untuk mengatasi rasa lapar ini. Beberapa waktu yang lalu telah dibahas mengenai apakah makan di malam hari bisa menimbulkan kegemukan. Lalu apa snack atau makanan malam hari untuk diet yang paling sehat?

Makanan Malam Hari untuk Diet: Hindari Junk Food

Snack adalah salah satu solusi terbaik di saat kamu lapar dan malas untuk memasak makanan di tengah malam.

Tetapi snack yang kamu makan haruslah snack sehat yang rendah kalori, karena kelebihan kalori saat malam hari akan ditimbun tubuh sebagai lemak.

Dampak buruknya? Berat badan kamu bisa bertambah. Jadi, pastikan kamu makan snack sehat dan bukan junk food. Setelah makan snack, jangan langsung tidur, tunggu setidaknya satu jam agar sistem pencernaanmu dapat bekerja mengolah makanan secara optimal.

Berikut ini adalah 6 pilihan makanan malam hari untuk diet guna mengisi perut kamu saat tengah malam:

Pop Corn

Mungkin kamu heran mengapa pop corn justru disarankan sebagai snack sehat. Tahukah kamu bahwa pop corn mengandung serat yang cukup tinggi juga kalori yang tidak terlalu tinggi. Yang penting diperhatikan adalah untuk tidak menambahkan mentega ke pop corn. Kamu bisa membuat pop corn sendiri tanpa mentega atau margarine bukan? Tentu itu jauh lebih sehat.

Cokelat

Semakin gelap warna coklat, maka akan semakin baik. Cokelat murni dibuat dengan setidaknya sekitar 70% cacao yang mengandung sangat sedikit gula dan mengandung banyak antioksidan. Jadi, pilihlah cokelat murni sebagai snack sehat. Cek kandungan gula di dalamnya terlebih dulu.

Kacang Almond

Kacang almond mengandung zat yang dapat menyebabkan rasa kantuk dan relaksasi otot. Selain itu, protein dalam almond juga mampu menjaga kadar gula darah saat tidur, dan mengendalikan siklus adrenalin.

Oatmeal

Orang banyak memakan oatmeal hanya untuk sarapan, tetapi oatmeal juga sangat baik untuk dikonsumsi malam hari karena mengandung banyak zat yang bermanfaat sebagai energi tambahan di pagi hari.

Omelet Telur

Saat kamu beraktivitas hingga tengah malam, tubuh kamu secara alami membutuhkan nutrisi tambahan. Salah satunya adalah protein yang terkandung dalam telur.

Salad Buah

Jika kamu punya stok buah-buahan di lemari pendingin, cobalah potong buah-buahan tersebut dan campurkan dalam gelas, lengkapi dengan sedikit air dan sedikit pemanis alami. Buah-buahan akan menjadi antioksidan yang baik untuk tubuh di saat aktivitas di luar waktu normal.

Itulah enam macam snack atau makanan malam hari untuk diet yang dapat kamu konsumsi. Sebisa mungkin hindari fast food pada malam hari, karena biasanya mengandung kadar lemak yang cukup tinggi. Semoga beberapa pilihan snack ini berguna untuk mengatasi rasa laparmu saat tengah malam.