Inilah Makanan Penurun Berat Badan yang Wajib Kamu Konsumsi

Nutrition / April 9, 2019 / Panduan Diet

Kalau ingin menurunkan berat badan, maka pertimbangan pertama adalah diet atau pengaturan pola makan. Lalu, makanan penurun berat badan itu apa saja?

Menu diet. Ketika mendengar istilah ini, kamu mungkin akan membayangkan menu makanan yang baik penampilan maupun rasanya sangat tidak menggugah selera.

Kalau begitu, kamu mungkin belum memasukkan semua makanan penurun berat badan yang kamu butuhkan.

Karena dalam mengatur pola makan dalam sebuah program diet, bukan berarti kamu harus tersiksa dengan menu diet yang sangat terbatas, baik dari segi jumlah maupun jenisnya.

Pola makan yang sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu dalam jumlah yang cukup. Lalu makanan penurun berat badan apa saja yang nutrisinya memenuhi untuk program fat loss?

Makanan Penurun Berat Badan itu yang Paling Penting Nutrisi Esensial

Berbagai jenis makanan yang kamu konsumsi setiap hari mengandung protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak yang menunjang fungsi tubuh untuk bekerja secara optimal.

Untuk menurunkan berat badan, pilihlah sumber-sumber nutrisi penting tersebut yang rendah kalori. Berikut ini berbagai makanan yang perlu kamu tambahkan konsumsinya setiap hari untuk membantu menurunkan berat badan dengan optimal.

Protein

Pilihlah sumber protein yang rendah lemak seperti telur, dada ayam, daging tanpa lemak, susu rendah lemak dan produk olahannya seperti yogurt bebas lemak, juga kacang-kacangan, ikan (terutama tuna, cod, salmon, dan sebagainya).

Biji-bijian

Seperti halnya kacang, biji-bijian juga menyediakan vitamin B, zat besi, protein dan serat untuk mendukung metabolisme tubuhmu untuk menurunkan berat badan. Menurut National Institutes of Health, kandungan serat yang tinggi dalam biji-bijian memberimu perasaan kenyang lebih lama sehingga sangat membantu diet kamu berjalan dengan lancar.

Pilihlah karbohidrat kompleks dari biji-bijian seperti produk gandum seperti roti gandum utuh, oat, nasi merah, dan sebagainya untuk menggantikan karbohidrat simple seperti nasi putih, roti putih, mie, dan lain-lain.

Sayur-sayuran

Kandungan serat yang tinggi pada sayuran mengandung kalori yang rendah, bahkan terendah di antara semua makanan. Tomat, bayam, brokoli, dan berbagai sayuran lainnya akan memasok serat, vitamin, mineral, serta segudang antioksidan sehingga tak hanya berperan dalam penurunan berat badan, tetapi juga memelihara kesehatan tubuhmu.

Buah-buahan

Buah adalah salah satu makanan yang memang sejak lama dikenal sebagai makanan wajib dalam diet.

Namun, dalam pola diet sehat, pastikan kamu juga mengonsumsi protein, karbohidrat kompleks, serta sayuran untuk menunjang penurunan berat badan. Buah-buahan kaya akan serat dan memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Kamu bisa tambahkan buah sebagai snack maupun pelengkap menu makan utama.

Pola makan yang diatur dengan baik adalah hal utama yang menentukan keberhasilan sebuah program diet. Yang perlu kamu lakukan untuk menurunkan berat badan adalah memilih makanan penurun berat badan secara tepat dan konsisten.