Pedoman Diet untuk Mengecilkan Perut Buncit

Nutrition / July 12, 2019 / Panduan Diet

Mengecilkan perut buncit dan memiliki perut yang rata adalah dambaan semua orang yang bermasalah dengan perut buncit. Apakah kamu salah satunya?

Jika demikian, kamu yang memang memiliki perut buncit sangat disarankan untuk mengecilkan perut karena timbunan lemak di perut bisa mengancam kesehatan.

Bahaya Perut Buncit

Seperti yang pernah dibahas pada beberapa artikel sebelumnya, lemak di perut atau dikenal dengan sebutan visceral fat dapat menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar, terutama bagi orang-orang dengan perut buncit atau memiliki timbunan lemak perut yang berlebih.

Studi menunjukkan bahwa orang dengan lemak perut yang berlebih akan lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, gula darah tinggi, resistensi insulin, dan penyakit jantung.

Inilah alasan mengapa beberapa pakar kesehatan meyakini bahwa ukuran lingkar pinggang dan distribusi lemak lebih penting daripada berat badan seseorang untuk menilai potensi risiko kesehatan orang tersebut.

Pedoman Diet untuk Mengecilkan Perut Buncit

Berikut adalah beberapa aturan pola makan untuk mengecilkan perut buncit.

1. Konsumsi Beraneka Ragam Makanan

Kamu membutuhkan beraneka macam nutrisi setiap hari, sehingga kita juga harus makan beranake ragam makanan setiap harinya. Konsumsilah makanan sehat yang kaya protein, mengandung lemak baik dan karbohidrat kompleks.

Masukkan kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai, almond, hazelnut, dan walnut, juga sumber protein hewani seperti susu ataupun yogurt rendah lemak, ayam, telur, dan daging tanpa lemak, serta sumber protein yang juga kaya lemak sehat seperti ikan.

Tambahkan pula sumber lemak sehat seperti minyak zaitun, flaxseed oil, minyak bunga matahari, dan alpukat. Untuk sumber karbohidratnya, kamu bisa pilih biji-bijian seperti beras merah, gandum, ataupun buah seperti anggur, stroberi, apel, serta sayuran hijau seperti bayam, dan lain-lain.

2. Makan 5 Sampai 6 Kali Sehari

Sebagai konsekuensi dari mengurangi makan dan berlapar-lapar ketika sedang berdiet, tubuh kamu justru akan mengakumulasi lebih banyak lemak secara cepat.

Kamu dapat mencegah akumulasi lemak dengan membagi porsi makan 5 sampai 6 kali atau porsi kecil tapi sering daripada hanya 1-2 kali makan dalam porsi sangat besar.

3. Perhatikan Apa yang Kamu Minum

Minuman bersoda, sirup, ataupun minuman beralkohol mengandung kandungan kalori yang tinggi tapi sangat rendah kandungan gizinya. Jadi, yang lebih baik kamu  beralih ke minuman sehat seperti yogurt drink, jus buah, jus sayuran, susu rendah lemak, dan sebagainya yang akan membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit.

4. Minum Air yang Cukup

Minum banyak air setiap hari. Disarankan untuk minum air kurang lebih 8 gelas per hari untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Minum air membantumu menurunkan berat badan dengan menjaga sistem pencernaan yang sehat, memfasilitasi penyerapan nutrisi yang baik, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan tingkat energi.

5. Jauhkan Diri Dari Stres

Ketika kamu stres, tubuh melepaskan kortisol, suatu hormon yang bertanggung jawab untuk timbunan lemak perut. Oleh karena itu, hindari stres, luangkan waktu untuk menyegarkan diri, juga tidurlah yang cukup.

Mengecilkan perut  buncit memang tidak bisa terjadi secara instan, tetapi dengan disiplin mengatur diet dengan baik, yang tentunya juga dibarengi dengan berolahraga teratur, maka bukan hanya akan berhasil mengecilkan perut, kamu juga akan mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik, serta bisa menjaga berat badan untuk jangka waktu yang lama.