Inilah Nutrisi Esensial untuk Program Fat Loss

Nutrition / March 11, 2019 / Panduan Diet

Apa saja nutrisi esensial untuk program fat loss? Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi agar proses pengikisan lemak berlebih dalam tubuh kamu cepat terwujud.

Semua makanan tidak akan bermanfaat maksimal jika kamu tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral, yang penting untuk mengatur bagaimana tubuhmu merespon protein, karbohidrat dan lemak. Dan pemenuhan nutrisi penting ini juga merupakan salah satu kunci untuk mengurangi timbunan lemak tubuh. Berikut adalah beberapa nutrisi kunci yang kamu perlukan untuk membantu menurunkan berat badan secara optimal dan efektif.

Nutrisi Esensial untuk Diet

Kalsium

Yang pertama yaitu kalsium: sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mendapatkan cukup kalsium dalam makanan dapat membantu kamu menurunkan berat badan, ini dikarenakan kalsium disimpan dalam sel-sel lemak memainkan peranan penting dalam mengatur bagaimana lemak disimpan dan dipecah oleh tubuh.

Vitamin D

Kamu mungkin sudah tahu jika vitamin D sejalan dengan kalsium, ini dikarenakan vitamin D penting untuk penyerapan kalsium dan baru-baru ini banyak mendapat perhatian karena membantu mencegah penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, multiple sclerosis, rheumatoid arthritis dan hipertensi.Namun, di luar sana masih banyak orang yang kekurangan vitamin D dan kebanyakan wanita hanya mendapatkan kurang dari sepertiga dari 200 IU, jumlah yang dibutuhkan mereka setiap harinya.

Omega 3

Nutrisi penting berikutnya adalah Omega 3. Studi menunjukkan bahwa orang dengan kelebihan berat badan yang mengikuti program penurunan berat badan (termasuk dengan berolahraga) cenderung dapat mengontrol gula darah dan kadar kolesterol lebih baik saat mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak Omega 3.

Vitamin C

Vitamin ini juga penting untuk menurunkan berat badan. Penelitian di Arizona telah menemukan hubungan langsung antara adanya vitamin C dalam aliran darah dan kemampuan tubuh membakar lemak untuk energi, dikarenakan vitamin C memiliki peran penting dalam oksidasi lemak yang membantu penurunan berat badan. Menurut para peneliti, orang yang mengkonsumsi cukup vitamin C membakar lemak 30% lebih banyak selama melakukan latihan sedang daripada mereka yang tidak cukup mengkonsumsinya.

Kromium Picolinate

Dan yang terakhir, kromium picolinate. Nutrisi ini dapat mengurangi keinginan seseorang akan makanan manis dan rasa lapar, yang dapat mendukung program dietmu, dan bekerja dengan meningkatkan metabolisme karbohidrat dan lemak, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui beberapa nutrisi esensial yang akan membantu mengoptimalkan program fat loss. Jadi, mulailah pastikan semuanya telah terpenuhi dalam pola makan sehari-hari.