Apakah Kamu Perlu Konsumsi Produk Diet?

Nutrition / March 19, 2019 / Panduan Diet

 

Apakah kamu benar-benar memerlukan produk diet untuk membantu penurunan berat badan? Atau justru sebaiknya dihindari?

Pikirkan alasan utama mengapa sekarang ini banyak orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal yang berbeda. Beberapa hal yang bisa menyebabkan obesitas antara lain: gaya hidup yang tidak sehat, bekerja berjam-jam ditemani camilan, pola makan tidak teratur, porsi makan berlebihan, asupan gizi tidak diimbangi dengan olahraga.

Memakan kudapan atau camilan merupakan salah satu faktor penyebab kegemukan. Biasanya kita memakan camilan sembari menonton tv atau mengisi waktu luang bersama segelas teh atau kopi. Istilahnya adalah “lapar mata”, hanya mengikuti nafsu melihat penampilan makanan yang enak dipandang.

Trend Produk Diet

Jika kebiasaan ngemil karena “lapar mata” seperti yang disebutkan di atas terus berlanjut, bukan tidak mungkin akan menjadi kebiasaan yang membuatmu kecanduan ngemil.

Jika hal ini terjadi, akan agak sulit untuk ditangani seperti pada kasus kecanduan alkohol. Cara untuk menangani kecanduan adalah menjauhkan diri dari pergaulan ataupun tempat-tempat yang menjual minuman beralkohol.

Tetapi kamu bisa lega, karena makanan memang dibutuhkan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan gizi. Maka dari itu, akan membutuhkan kerja ekstra untuk melawan kebiasaan pola makan yang tidak sehat. Inilah salah satu penyebab produk diet laku dipasaran sebagai pengganti makanan dalam program diet.

Konsep “pengganti makanan” adalah bahwa kamu benar-benar tidak akan makan sama sekali selama hampir setengah hari, asupan nutrisi bisa kamu dapatkan dari produk lain yang membuatmu “berhenti” kelaparan.

Produk ini bekerja dengan dua cara: pertama, produk ini membatasi asupan kalori kamu. Kedua, menekan kecanduan makan, sehingga membuat kamu tidak cepat lapar sehingga bisa tahan meskipun tidak makan makanan lainnya.

Manfaat Jangka Panjang Produk Diet

Perlu diperhatikan bahwa program diet dengan produk diet yang ditawarkan telah membuat pola makanmu menjadi sedemikian teratur dalam bentuk makanan pengganti. Ketika berat badan berhasil turun, masalah akan timbul saat kamu kembali ke makanan biasa atau real food.

Pertanyaannya adalah, “Apakah kamu akan makan dengan baik?”. Jika kemudian malah kembali pada kebiasaan yang lama, risiko kegemukan akan kembali mengancam tubuhmu! Oleh karena itu, lebih baik jika mulai sekarang kamu memulai menerapkan pola diet seimbang dengan mengatur pola makan sehat.

Dan ada pula beberapa orang yang malah ketergantungan pada produk pengganti makanan dan mengonsumsinya dalam jangka panjang. Ingat bahwa makanan ini bukanlah makanan sebenarnya, kamu harus tetap mendapat asupan gizi yang tepat dan seimbang. Gunakan produk pengganti makanan ini untuk waktu tertentu dan sementara saja.

Gaya hidup dengan pola makan dan aktivitas fisik yang sehat adalah cara terbaik untuk mendapatkan hasil diet yang lebih baik untuk jangka panjang. Dan kamu sendiri yang bisa menjawab, masihkan kamu bergantung pada produk-produk diet yang ditawarkan untuk menurunkan berat badan?