5 Tips Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Training / March 29, 2019 / Panduan Diet

Bagaimana sih olahraga untuk menurunkan berat badan supaya bisa maksimal? Berikut ini ada lima tips untuk kamu yang ingin turunkan berat badan dengan berolahraga.

Memiliki penampilan fisik yang ‘sempurna’, salah satunya adalah dengan memiliki berat badan yang ideal.

Oleh karena itu, mereka yang mengalami berat badan berlebih akan mencari berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan dengan optimal, olahraga merupakan suatu keharusan.

Akan tetapi, olahraga  untuk menurunkan berat badan yang paling efektif sangat bergantung pada diri mereka sendiri.

Ketika kamu bertanya mengenai olahraga apa yang terbaik dilakukan untuk menurunkan berat badan, maka itu ditentukan oleh apakah kamu benar-benar akan melakukannya dan apakah kamu bisa melakukannya dengan teratur. Berikut tipsnya supaya olahraga untuk menurunkan berat badan jadi lebih optimal.

1. Talk Less Do More!

Hanya dengan mengetahui bahwa olahraga adalah kunci penting untuk menurunkan berat badan saja tidak cukup. Untuk mencapai berat badan ideal, yang perlu kamu lakukan adalah melakukan olahraga itu sendiri!

Ini artinya, apapun aktivitas fisik yang kamu lakukan dan  masukkan ke dalam kebiasaan sehari-hari akan membantu menurunkan berat badan. Jadi, lakukan olahraga apapun yang paling kamu sukai ataupun yang paling mungkin untuk kamu lakukan secara teratur.

2. Kardio

Kardio adalah salah satu olahraga untuk menurunkan berat badan yang sangat populer.

Ada banyak jenis olahraga yang termasuk dalam kardio ini. Seperti tenis, basket, ataupun sepak bola, juga termasuk dalam olahraga atau latihan kardio.

Kardio adalah latihan yang sangat bagus karena akan membakar lemak tubuh berlebih  sekaligus menjaga kesehatan jantungmu. Jalan kaki juga merupakan latihan kardio yang baik, terutama bagi kamu yang baru memulai olahraga teratur. Karena selain membakar lemak tubuh, membantu memompa jantung, berjalan kaki juga akan meregangkan kaki.

3. Angkat Beban, Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan yang Sangat Efektif

Berlatih beban akan meningkatkan kekuatan tubuhmu secara keseluruhan sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh.

Membakar lemak dan membentuk otot melalui latihan beban adalah hal penting untuk menurunkan berat badan. Sudah tahu kan prinsip dasar membakar lemak? Semakin banyak massa otot, semakin tinggi pembakaran lemak.

4. Paling Penting, Lakukan Teratur

Apapun jenis olahraga yang kamu pilih untuk menurunkan berat badan, kuncinya adalah harus melakukannya dengan teratur.

Untuk menjaga level metabolisme tubuh selalu dalam tingkat yang optimal, maka diperlukan keteraturan dalam melakukan aktivitas fisik.

Jika kamu bosan dengan latihan yang dilakukan saat ini, cobalah lakukan latihan yang berbeda.

Misal, kamu  bosan berlari, cobalah bermain tenis atau badminton. Ini akan membuat kamu lebih bersemangat ketikan mencoba hal baru. Jika bosan dengan pola latihan beban, cobalah lakukan circuit training ataupun metode latihan lainnya.

5. Lebih Bersemangat Latihan dengan Teman

Memiliki teman untuk berlatih dan memotivasi kamu dalam berlatih akan memberikan banyak keuntungan dalam upaya menurunkan berat badan.

Misalnya ketika kamu merasa malas untuk berlatih, maka ajakan seorang teman untuk berlatih akan membuat kamu lebih bersemangat.

Ketika kamu merasa hasil diet Anda masih saja kurang optimal, maka seorang teman bisa memberikan dukungan dan motivasi untuk memperbaiki program diet dan latihanmu jadi lebih baik lagi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bahwa olahraga untuk menurunkan berat badan yang paling tepat sangat ditentukan oleh dirimu sendiri. Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah berolahraga teratur dan bentuklah tubuh ideal yang kamu impikan!