Cara Langsing Alami dengan Latihan HIIT

Training / May 24, 2019 / Panduan Diet

Jika memiliki berat badan berlebih, kamu mungkin ingin tahu bagaimana cara langsing alami. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan HIIT (High Intensity Interval Training).

Latihan kardio biasanya banyak dilakukan fitnes mania untuk membentuk tubuh yang langsing alami. Latihan kardio antara lain antara lain terdiri darilari, bersepeda, berenang, atau berjalan di atas mesin treadmill.

Bahkan, tidak jarang yang hanya fokus berlatih kardio dan berlama-lama dengan harapan dapat membakar lemak berlebih. Memang, latihan kardio termasuk salah satu cara efektif untuk membakar lemak dan juga meningkatkan massa otot.

Tapi, jika terlalu lama melakukan latihan kardio bukan hanya lemak yang terbakar, tapi juga ototmu. Karena itu, apabila ingin melakukan latihan kardio sebaiknya perhatikan intensitas dan juga durasi latihannya. Dan yang kini sangat populer adalah latihan HIIT.

Cara Langsing Alami dengan Latihan Intensitas Tinggi

Latihan ini merupakan latihan kardio yang menggunakan kombinasi latihan dengan intensitas tinggi dan rendah dalam waktu tertentu. Selain efektif membakar lemak, HIIT juga dapat meningkatkan perkembangan serabut otot (fast twitch fiber).

Namun, masih terdapat beberapa orang yang menghindari HIIT karena mereka percaya bahwa semua kalori yang dikeluarkan berasal dari glikogen otot dan bukan dari asam lemak.

Hal itu benar. Tapi, banyak yang melupakan satu hal penting yaitu hilangnya lemak terjadi karena proses yang disebut lipolisiss. Lipolisis ini terjadi selama pengeluaran energi melebihi asupan kalori.

Karena itu, apabila kamu ingin menurunkan berat badan hal penting adalah defisit kalori dan ini dapat diraih dalam waktu yang sedikit dengan intensitas yang tinggi.

Selain Sebagai Cara Langsing Alami, Apa Manfaat HIIT yang Lain?

#Meningkatkan VO2 Max

Apa itu VO2 Max?

Bagi kamu yang aktif di dunia olahraga pasti tidak asing dengan VO2 Max. VO2 Max adalah volume oksigen maksimal yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif.

Dengan VO2 Max yang tinggi berarti tubuh  lebih efisien dalam memberikan oksigen ke otot, yang pada gilirannya dapat menghasilkan lebih banyak energi dan melakukan lebih banyak pekerjaan, termasuk latihan. Latihan yang semakin intens tentunya akan dapat mempercepat keinginanmu untuk memiliki tubuh langsing alami.

#Bakar Lemak dan Kalori Lebih Banyak dalam Waktu Singkat

Dibandingkan dengan steady state exercise atau latihan yang menetap dan lama, maka sebaiknya pilih latihan HIIT yang lebih singkat dan intens. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan HIIT efektif membakar kalori.

Penelitian dari McMaster University yang diterbitkan dalam Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menemukan bahwa latihan HIIT selama 10 menit dapat membakar kalori yang sama dengan 50 menit steady state exercise.

Latihan HIIT juga membantu meningkatkan oksidasi lemak yang merupakan kemampuan tubuh untuk memecah dan memanfaatkan lemak sebagai energi. Pastinya, ini akan sangat mendukung program cara langsing alami yang kamu terapkan.

Lebih dari itu, sebuah studi dari penelitian dari Kanada menemukan bahwa hanya karena rutin melakukan latihan dalam enam minggu dapat meningkatkan oksidasi lemak dan penurunan ketergantungan pada karbohidrat selama latihan.

#Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

Membayangkan intensitas tinggi mungkin kamu menganggap bahwa HIIT hanya mampu dilakukan bagi atlet olahraga. Jangan salah, latihan ini juga bisa dilakukan setiap orang. Termasuk kamu. Juga termasuk kelompok orang yang tidak terlalu fit dan bugar.

Bahkan, orang-orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes tipe dan atau penyakit jantung, kesehatannya akan dapat meningkat dengan melakukan HIIT.

Penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care menemukan bahwa terjadi perubahan yang baik pada kontrol glikemik (gula darah), massa tubuh, dan lemak perut pada penderita diabetes tipe 2 yang melakukan HIIT selama 12 minggu.

Sementara itu, peneliti dari University of South Wales, Sydney, Australia, menemukan bahwa setelah 12 minggu latihan HIIT dapat mengontrol denyut jantung, volume stroke, tekanan darah, dan juga mencegah pengecilan pembuluh darah.

Juga, melakukan latihan HIIT selama 10 minggu ternyata dapat mengontrol kadar kolesterol sehingga kamu dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh hanya dengan berolahraga singkat.

#Mengatasi Kelelahan

Kekuatan otot dapat ditentukan oleh secepat apa tubuh memproduksi asam laktat. Asam laktat ini terjadi akibat penumpukan ion hidrogen yang dapat menurunkan kadar pH tubuh. Akibatnya kemudian adalah kekuatan ototmu berkurang dan menyebabkan kelelahan.

Dengan latihan HIIT, maka hal ini akan membantu tubuhmu meningkatkan kemampuan untuk mentralisir atau mengontrol penumpukkan hidrogen sehingga dapat meningkatkan ketahanan otot.

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology menyebutkan bahwa melakukan enam kali HIIT dalam empat minggu dapat meningkatkan ketahanan otot, menunda kelelahan, serta meningkatkan power tubuhmu.

Kamu juga bisa menambahkan suplemen untuk menjaga keseimbangan pH atau tingkat keasaman otot saat latihan dengan Beta Alanin.

Beta alanin adalah enzim yang dibutuhkan untuk sintesa karnosin. Dengan kata lain jumlah karnosin yang dihasilkan tubuh tergantung dari jumlah beta alanin yang tersedia. Ketersedian yang terbatas untuk beta alanine membuat sintesa karnosin menjadi terbatas.

Beta alanine sangat tepat dikonsumsi sebelum latihan. Kombinasi beta alanine dan creatine akan semakin meningkatkan intensitas latihanmu.

#HIIT Lebih Menyenangkan

Oke, misalnya kamu biasanya melakukan latihan kardio selama berjam-jam di atas mesin seperti sepeda statis atau treadmill. Tapi apakah kamu benar-benar menyukainya?

Studi yang diterbitkan Journal of Sports Sciences menemukan bahwa orang cenderung menikmati latihan yang lebih pendek tapi memiliki intensitas tinggi ketimbang latihan yang lama.

Nah, agar salah satu yang membuat cara langsing alami tersebut tetap terpenuhi, maka lakukan latihan yang menyenangkan menurutmu. Dan karena cara langsing alami membutuhkan komitmen dan waktu, maka cara agar kita tetap di ‘track’ yang benar selama dalam proses adalah dengan melakukan latihan yang menyenangkan.

Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum melakukan HIIT, pastikan kondisi tubuhmu prima. Dan karena membutuhkan energi yang cukup besar, maka sebaiknya penuhi asupan nutrisi harianmu dengan baik sebelum maupun setelah latihan. Terakhir, lakukan HIIT 2-3 kali dalam seminggu.