Kenapa Harus Latihan Beban di Rumah Kalau Mau Kurus?

Training / February 13, 2019 / Panduan Diet

Ingin memulai program penurunan berat badan? Segera mulai latihan beban di rumah. Mengapa harus mulai latihan beban meskipun di rumah? Apakah benar-benar efektif.

Kenapa sih orang yang cuma ingin kurus, koq malah disuruh untuk latihan beban di rumah? Bukankah biasanya yang penting olahraga, jogging pagi hari seputar kompleks perumahan, treadmill di rumah buat yang memiliki budget lebih atau bahkan ada yang bilang ‘sudah capek seharian membersihkan rumah dan mengurus anak, kan sudah termasuk olahraga tuh‘.

Masih sangat susah diterima oleh kebanyakan orang ketika ingin diet untuk kurus dan membeli mesin treadmill, malah disuruh membeli dumbell.

Tetapi dengan semua kenyataan yang ada, tetap saja kan, susah sekali menurunkan berat badan hanya dengan melakukan kegiatan seperti yang disebutkan di atas tadi.

Latihan Beban di Rumah untuk Perbanyak ‘Kompor’ Tubuh

Kamu sangat disarankan untuk mengetahui apa saja sih yang berkontribusi terhadap berat badan.

Berat tubuh mayoritas dipengaruhi oleh otot (daging) dan lemak. Untuk menurunkan berat badan dengan ‘sehat’, kamu harus membuang lemak , bukan otot.

Juga sudah dijelaskan pada beberapa artikel sebelumnya, bahwa lemak tidak bisa ‘hilang begitu saja’. Lemak akan dibakar di dalam otot. Itu proses terjadinya pembakaran.

Ketika kamu sudah berolahraga jogging, treadmill, etc, itu proses membakar lemak melalui otot tubuh kamu.

Anggaplah otot kamu adalah kumpulan ‘kompor’ yang bertugas membakar lemak¬† ketika berolahraga. Lalu kenapa koq berat badan kamu tidak turun-turun?

Masalahnya hanya satu apabila kamu sudah berolahraga tetapi berat badan tidak kunjung turun yaitu kompor pembakar lemakmu KURANG BANYAK.

Bayangkan saja begitu banyak lemak di tubuhmu, tetapi begitu sedikit kompor yang bertugas untuk membakarnya. Sekali lagi, kompor itu adalah ototmu.

Satu-satunya jalan untuk memperbanyak kompor di tubuhmu adalah dengan melatih otot.

Tidak ada jalan lain selain harus melakukan latihan beban untuk otot tubuhmu.

Otot kamu akan mengalami kerusakan ketika dilatih, itu yang menimbulkan rasa sakit setelah kamu berolahraga angkat beban.

Dan nantinya, setelah kerusakan itu diperbaiki (dengan konsumsi nutrisi yang sehat termasuk protein yang cukup), maka otot tersebut akan berpikir ‘kemarin saya dengan kondisi sebelumnya, kena beban segitu koq rusak ya, berarti sekarang saya harus memperkuat otot saya‘.

Nah hasil latihan kamu adalah otot yang lebih kuat dan otot yang lebih kuat akan membakar lemak lebih cepat dari sebelumnya.

Itulah kenapa meskipun kamu sudah latihan beban di rumah, kamu harus menambahkan angkat beban meskipun itu hanya dengan menggunakan dumbell. Kombinasi latihan cardio dan latihan beban akan memberikan hasil yang terbaik bagi tubuh kamu.