Kesalahan Saat Latihan Kardio untuk Membakar Lemak & Cara Mengatasinya

Training / May 23, 2019 / Panduan Diet

Meskipun latihan ini sangat populer, namun tidak sedikit yang melakukan kesalahan latihan kardio untuk membakar lemak. Apa saja dan bagaimana solusinya?

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan pembakaran lemak adalah dengan melakukan latihan kardio. Ada banyak jenis latihan kardio yang dapat membantumu menurunkan berat badan, seperti jogging, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan latihan lainnya, dalam melakukan latihan ini kamu harus dibekali dengan teknik dan pengetahuan yang baik seputar latihan kardio. Kesalahan yang kamu lakukan selama latihan hanya akan membuat usahamu sia-sia dan penurunan berat badan yang kamu impikan akan sulit tercapai.

Berikut ini kesalahan saat latihan kardio untuk membakar lemak yang cukup umum dilakukan

#1. Latihan ringan dalam jangka waktu lama adalah yang terbaik

Melakukan kardio dalam waktu yang lama memang baik untuk membakar lemak. Tapi, intensitas latihan yang ringan kurang efektif untuk memacu pembakaran lemak dalam tubuh.

Dan jika ada metode latihan yang bisa kamu lakukan dalam waktu singkat dengan hasil yang lebih baik, kenapa tidak?

Metode kardio terbaik untuk membakar lemak adalah HIIT (High Intensity Interval Training). Caranya, lakukan lari sprint selama 20 detik, istirahat 10 detik, kemudian lari lagi 20 detik dan istirahat 10 detik, begitu seterusnya selama 4-5 menit.

Bahkan, dengan cara ini tubuh kamu akan masuk dalam fase afterburn effect, yaitu proses pembakaran lemak yang terjadi setelah latihan.

#2. Konsumsi lebih banyak karbohidrat sebelum latihan

Jika kamu melakukan hal ini, tubuhmu hanya akan membakar karbohidrat yang baru saja dimakan, bukan lemak!

Makan sebelum latihan memang perlu, dengan syarat pilihan makananmu harus tepat. Pilihlah makanan dengan kalori yang baik seperti yang terdapat dalam buah-buahan dan biji-bijian.

Dengan begitu tubuhmu akan tetap berenergi dan membakar lemak secara optimal.

#3. Latihan kardio untuk membakar lemak dengan perut kosong?

Memang cara ini efektif untuk membakar lemak, dengan catatan latihan kardio dilakukan dalam intensitas sedang seperti jogging, jalan cepat, dan lainnya.

Namun, jika kamu berlatih dengan menggunakan metode HIIT, sangat disarankan agar makan sebelum latihan.

Konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, oatmeal, dan lainnya, 30-60 menit sebelum latihan, sebagai sumber energi lepas berkala yang baik bagi tubuhmu.

#4. Cukup hanya latihan kardio untuk membakar lemak

Banyak orang berpendapat bahwa hanya dengan melakukan latihan kardio saja berat badan mereka akan turun drastis, tanpa memperhatikan faktor-faktor pendukung lainnya, seperti pola makan dan istirahat yang cukup.

Ini adalah pemahaman yang keliru!

Perlu kamu ketahui bahwa untuk mendapatkan manfaat terbaik dari latihan kardio, kamu harus menyeimbangkan 3 hal berikut ini yaitu, pola makan sehat, tidur cukup, dan latihan teratur.

Hindari kesalahan-kesalahan latihan kardio untuk membakar lemak di atas, jalankan latihan kardio secara tepat dan dapatkan tubuh ideal yang kamu impikan.