Bagaimana Mengatur Olahraga untuk Membakar Lemak?

Training / February 9, 2019 / Panduan Diet

Beberapa pertanyaan sering muncul tentang pengaturan olahraga untuk membakar lemak. Kapan sebaiknya kita melakukan olahraga untuk membakar lemak?

Masalah yang sering disalah artikan adalah bahwa ada olahraga tertentu untuk membakar lemak dan ada olahraga lain yang tidak membakar lemak.

Pertanyaan berikutnya adalah kapan sebaiknya kita melakukan olahraga untuk membakar lemak? Apakah pagi atau sore?

Sebenarnya, bagi orang yang tidak pernah berolahraga, maka olahraga apapun dan kapanpun akan sangat membantu mereka.

Membuat peredaran darah lebih lancar, juga meningkatkan metabolisme.

Tetapi beberapa dari kita sudah berolahraga setengah mati tetapi tetap saja berat badannya belum mencapai berat ideal yang diimpikan.

Jadi bagaimana pengaturan olahraga supaya hasil yang dicapai bisa lebih optimal?

Olahraga untuk Membakar Lemak yang Terbaik

Olahraga apapun, selain angkat beban, harus dilakukan ketika kadar gula dalam kondisi rendah atau dalam keadaan perut kosong.

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga ini adalah pagi hari, bangun tidur, dalam keadaan perut kosong.

Olahraganya bisa berbentuk apapun asal bukan angkat beban.

Yoga, treadmill, renang, aerobic, dancing, asalkan detak jantung kita berada di level 65%.

Beberapa orang mengatakan, kalau olahraga perut kosong, mana ada tenaga?

Kita mau membakar lemak dan bukan membakar makanan yang baru saja kita makan-kan?

Lemak adalah tenaga ‘cadangan’ kita. Kapan tenaga cadangan akan kita pakai? Tentunya kalau tenaga utamanya dalam kondisi kosong.

Itulah kenapa apabila kita ingin membakar lemak, selalu lakukan ketika perut kosong atau ketika gula darahmu dalam kondisi rendah.

Lakukan olahraga tersebut selama kurang lebih 45-60 menit, dan setelah selesai, langsung santap sarapan agar tubuh kamu tidak kekurangan tenaga untuk menghadapi hari yang panjang.

Mungkin ada beberapa diantara kalian yang hanya bisa berolahraga pada sore hari atau bahkan agak malam. Jangan tidak makan mulai siang untuk membuat perut kamu kosong di malam hari.

Masih ada cara lain untuk menghadapi situasi ini yaitu dengan melakukan olahragamu lebih lama.

Olahraga yang sama, lakukan lebih lama, sekitar 60-90 menit. Maka kamu akan menguras karbohidrat terlebih dahulu baru kemudian lemak.

Tetapi cara paling optimal untuk membakar lemak pada sore hari adalah dengan melakukan latihan beban terlebih dahulu selama 45 menit.

Setelah itu akhiri dengan olahraga lain yang kamu suka, entah itu treadmill, yoga, renang, atau apapun itu.

Pastikan kamu angkat beban dulu untuk membakar karbohidrat yang selama seharian telah kamu konsumsi. Dan latihan beban ternyata terbukti bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Jangan takut untuk makan setelah berolahraga. Itu adalah suatu keharusan. Jangan pernah tidak makan setelah berolahraga.

Semoga dengan pengaturan olahraga untuk membakar lemak yang tepat, kamu bisa lebih cepat mencapai berat badan ideal seperti yang kamu impikan.